pendamlah jiwamu pada tanah yang dalam, karena sesungguhnya buah yang manis hanya tumbuh dari biji yang ditanam

16 Des 2009

Kuliah Gratis dan Langsung Kerja??? STAN Solusinya



Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau biasa disingkat STAN adalah salah satu sekolah tinggi kedinasan di Indonesia. STAN berada di bawah naungan Departemen Keuangan.

Kampus STAN ini sendiri mempunyai alamat di Bintaro Utama Sektor 5 Bintaro Jaya Tangerang Selatan. Namun, pendidikan STAN tidak hanya di lakukan di kampus utama. Ada juga yang menempuh pendidikan di Balai Diklat di daerah daerah.

Setiap tahun STAN menerima mahasiswa baru sekitar 2000an. Saingannya pun tidak tanggung tanggung, berpuluh puluh ribu bahkan bisa sampai seratus dua puluh ribu lebih pendaftar yang ingin masuk ke STAN.

Persyaratan pendaftaran STAN secara umum adalah nilai rata rata UAN dan UAS 7,00, bukan pembulatan. Selain itu, umur juga dibatasi, maksimal 21 tahun. Biaya pendaftaran dari tahun ke tahun biasanya tetap yaitu sebesar seratus ribu rupiah.

STAN sendiri mempunyai 6 spesialisasi yaitu akuntansi pemerintahan, administrasi perjakan, PPLN, Kebendaharaan Negara, Bea Cukai, dan PBB. Dari 6 spes tadi, mahasiswa terbanyak berada di spes akuntansi.

Kuliah di STAN mempunyai banyak keuntungan. Yang pertama, biaya sekolah yang gratis. STAN adalah sekolah kedinasan. Selama masa pendidikannya mahasiswa tidak dipungut biaya apapun. Namun, biaya untuk kos, makan, dan seluruh kebutuhan pribadi tetap ditanggung pribadi masing masing.

Yang kedua, setelah lulus mahasiswa akan langsung ditempatkan kerja di seluruh instansi pemerintah yang membutuhkan. Saat ini, ada tiga instansi yang membutuhkan lulusan STAN yaitu BPK, Depkeu, dan BPKP. Dulu, Menko Perekonomian juga meminta lulusan STAN. Pemda juga membutuhkan lulusan STAN. So, kuliah di STAN dijamin tidak akan menganggur.

Yang ketiga, harga makanan di kompleks kampus yang lumayan murah. Harga makanan di sana jauh berbeda dengan biaya makan di jakarta. Dengan uang 4000 rupiah kita sudah bisa makn kenyang. Dan masih banyak lagi keuntungan yang akan didapatkan. Pengin tau??? Silahkan kuliahlah di STAN

Namun, mahasiswa juga harus berhati hati. STAN menerapkan sistem DO bagi mahasiswa yang kurang memenuhi syarat. DO ini diakibatkan karena 3 hal: nilai, absen, dan nyontek.

Untuk masalah nilai, IP semester ganjil minimal harus 2,40 ke atas. Kemudian pada semester genapnya IPK minimal harus 2,75.

Untuk absen sendiri, mahasiswa harus memiliki tingkat kehadiran sebanyak 80%. Jadi, tingkat absensi maksimal 20%, baik karena sakit, ijin, maupun alpa.

Masalah nyontek sudah tidak dapat ditoleransi lagi. Siapa saja yang ketahuan mencontek ketika ujian, dia langsung dikeluarkan dari STAN.

Tertarik kuliah di STAN kan

Tidak ada komentar: